Sabtu, 06 Agustus 2011

OOP #2: Compiler, go open source

OOP paling asyik kalo dimainkan pake bahasa C++. Kenapa gak Java saja ya? Bagusnya sih mulai dengan C++. Karena akan jadi akrab juga dengan C. Terus kalo mahir C, bisa kotak-katik source code-nya projek-projek open source, terutama di Linux. Juga, bisa main teknologi terbaru Firefox: js-ctypes. Saya pake js-ctypes untuk mengendalikan hardware secara lebih ringan melalui javascript.

Pernah dengar Qt-C++ (yang sekarang sudah dimiliki Nokia)? Itulah library yang jadi dasar pengembangan KDE Linux. Kita cukup meng-coding satu kali. Hasilnya bisa di-compile dan di-eksekusi di berbagai sistem operasi: Linux, Unix, Mac OS, Sun Solaris, Windows. Saya pernah nyoba. Sungguh... selalu bikin penasaran.

Menginstalasi Compiler yang Open Source

Langsung saja ya. Sesuai semangat text mode, kita akan menginstalasi compiler C++ yang open source. Kalo di Linux sih sangat mudah. Sudah ada paket gcc, g++, make. Gak usah dijelasin lagi. Persoalannya kalo di Windows gimana? Ayo, kita ikut gaya open source.

Untuk windows, saya menggemari MINGW (Minimalist GNU for Windows). Compatible banget sama gcc, g++ dan make-nya Linux. Kalo lancar bahasa Inggris, prosedur nginstall-nya ada di: http://www.mingw.org/wiki/Getting_Started. Berikut ini prosedur instalasi yang saya lakukan:

  1. Buat direktory c:\mingw.

  2. Download mingw-get-0.3-mingw32-alpha-2.1-bin.zip dari http://sourceforge.net/projects/mingw/files/Automated%20MinGW%20Installer/mingw-get/mingw-get-0.3-alpha-2.1/

  3. Unzip hasil download tersebut ke dalam c:\mingw.

  4. Daftarkan c:\mingw\bin ke Path windows menggunakan [Control Panel]--System--Advanced--[Environment Variables].

  5. Pastikan komputer tetap terhubung ke internet. Masuk ke layar text mode (dijelaskan di OOP #1). Ketik perintah: mingw-get install gcc g++ mingw32-make

  6. Jika berhasil, maka di bawah direktori c:\mingw\bin terdapat file-file yang amat kita perlukan, salah satunya: g++.exe.


Sahabat:
"Selamat datang di dunia open source"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RePLu On Facebook