Selasa, 29 Januari 2013

Beralih ke Pembaca PDF yang Lebih Cepat dan Ringan! Sumatra PDF!


Sering kali dan bahkan hampir setiap dari kita pasti memiliki berkas yang berekstensi .pdf atau dikenal dengan Portable Document Format (PDF). Karena itu, banyak dari pengguna komputer akan menginstal Adobe Reader. Tentunya sebagai pengguna komputer, kita sudah sangat mengenal aplikasi ini. Tapi sayangnya, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan. Setidaknya menurut saya. Di antaranya besarnya ukuran instalasi aplikasi ini, sehingga akan memakan banyak sumber daya penyimpanan. Lambatnya pembukaan aplikasi ini. Serta berbagi lainnya.
Saya pun cukup maklum dengan Adobe Reader seperti itu. Fitur-fitur yang dia berikan bisa dikatakan paling lengkap untuk pembaca PDF kebanyakan. Tentu saja karena PDF pertama kali dibuat oleh Adobe System. Jadi tak mengherankan kalau aplikasi besutan mereka bisa dibilang paling handal. Walau masih ada beberapa pembaca PDF yang memiliki kemampuan lebih dari Adobe Reader itu sendiri. Kendala aplikasi lain ini juga sama. Yaitu besarnya ukuran dan lambat saat pembukaan. Bahkan di antara mereka ada yang berbayar.
Sayang sekali, banyak di antara kita tidak membutuhkan fitur-fitur lengkap dari aplikasi tersebut. Tidak butuh bukan berarti tidak tahu. Di sinilah, saya memperkenalkan sebuah aplikasi pembaca PDF yang dibilang cukup lama dan lumayan populer di luaran sana. Aplikasi ini bernama Sumatra PDF. Namanya memang unik, dan mengingatkan kita pada salah satu pulau terbesar di Indonesia. Tapi sayangnya, berdasarkan sumber yang telah saya berikan, nama tersebut tidak ada hubungannya dengan pulau tersebut. Apa saja kelebihan dari aplikasi ini? Saya akan mencoba menguraikannya.
Pertama keunggulannya adalah ukuran berkasnya yang sangat kecil. Kalau ukuran Adober Reader 11.0.01 (versi terbaru) adalah 46,74 MB, maka Sumatra PDF 2.2.1 (versi terbaru) Cuma 4,76 MB. Bayangkan, hampir sepuluh kali lipat lebih kecil dibanding Adobe Reader. Hal ini sudah pasti tidak akan menguras banyak sumber daya penyimpanan komputer kita.
Dengan ukurannya yang kecil, pembukaan aplikasi ini pasti juga akan berjalan lebih cepat. Karena pembacaan data yang dibutuhkan untuk pembukaan akan lebih sedikit. Jadi kita tak perlu menunggu lama-lama agar berkas yang kita buka segera tampil. Apalagi ini cocok sekali untuk komputer yang memiliki spesifikasi rendah.
Tidak hanya itu, tampilannya pun sangat sederhana. Tidak berbelit-belit seperti kebanyakan aplikasi pembaca lainnya. Coba lihat gambar.

(Gambar 1. Menampilkan berkas yang sering dibaca)

(Gambar 2. Tampilan saat ada berkas yang dibuka)

Kelebihan lainnya adalah Sumatra PDF akan secara otomatis memberikan penanda atau bookmark. Jadi, ketika kita membuka sebuah berkas, apalagi novel, dan kita telah jauh membacanya, dan aplikasinya tertutup secara tak atau disengaja, tapi kita lupa sampai halaman berapa, tenang saja. Saat kita membuka berkas PDF tadi, maka dia akan menampilkan sampai di mana kita membacanya. Ada beberapa syarat agar fitur ini berjalan, jangan memindah berkas PDF kita tadi. Dan aplikasinya harus tertutup secara normal. Bukan karena terjadi kesalahan atau error.
Kelebihan lainnya adalah sangat berguna bagi kita para pembaca PDF. Kita tak perlu susah-susah menekan tombol bawah atau menggeserkan gulir (scroll) lagi. Cukup menggunakan mouse untuk melakukan pergeseran. Tahan klik kiri di sembarang tempat dalam area Sumatra PDF dan akan tampil ikon kursor baru berbentuk tangan menggenggam. Cukup geser bawah atas kiri kanan. Terserah kita. Kalau itu memang diperlukan. Agar fitur ini bekerja sempurna pastikan Show pages continuosly tercentang. Cara melihatnya, ada di menu View.
Dan tak kalah pentingnya, sebagai seorang anak bangsa, aplikasi ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga berupa sumber terbuka atau open source. Karena itu dia juga bersifat gratis. Bahkan aplikasi ini direkomendasikan oleh Free Software Foundation Europe. Sangat membanggakan.
Oop, tunggu dulu! Jangan anda kira kelebihannya cukup sampai di sana. Aplikasi ini tidak hanya sekedar bisa membaca berkas PDF saja. Beberapa format lain yang sangat umum digunakan dalam baca membaca juga bisa dibuka dengan aplikasi ini. Format-format tersebut adalah DjVu, EPUB, XPS, CHM, CBZ dan CBR, dan MOBI. Bagi anda yang belum tahu dengan format-format tersebut, silakan klik tautannya pada nama format tersebut.
Kesederhanaan dan fitur yang berguna yang disajikan oleh Sumatra PDF, tampaknya tak akan mengecewakan dan tak akan rugi kalau kita beralih ke aplikasi ini. Kalau memang anda berminat untuk menggunakan aplikasi ini, silakan unduh di sini atau di sini. Sedangkan untuk versi portabelnya bisa anda unduh di sini.
Sebaiknya anda mencoba aplikasi ini. Saya jamin tidak akan mengecewakan. Setelah mencoba, dan ternyata ini sudah memuaskan anda, segera uninstall Adober Reader dari komputer anda. Lebih baik menggunakan sumber daya tersebut dengan keperluan yang lebih penting.
Cukup sekian dulu tinjauan atau review aplikasi ini dari saya. Semoga memberikan banyak manfaat pada pembaca sekalian. Segala sumber yang dibutuhkan untuk penulisan tinjauan ini adalah tautan-tautan yang telah diberikan dan pengalaman saya dalam menggunakannya. Terima kasih. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RePLu On Facebook