Rabu, 30 Januari 2013

Nyanyi-nyayi Sambil Karaoke! MiniLyrics!

Kali ini kita akan membahas tentang aplikasi penampil lirik di komputer. Apa gunanya memakai aplikasi ini? Toh lagunya sudah hafal. Benar, benar sekali. Tapi di antara kita, banyak yang, apalagi saya, sangat susah menghafal sebuah lagu. Jadilah terpaksa saya menggunakan aplikasi ini.
Dari sekian banyak aplikasi penampil lirik yang ada, cuma satu ini yang mampu memuaskan hati. Karena tidak hanya memiliki banyak kelebihan, juga saya baru mencoba yang satu ini. Ha ha ha. Tapi itu sudah cukup. Selama kebutuhan yang kita inginkan terpenuhi, mengapa tidak?
Aplikasi ini bernama MiniLyrics. Dengan ukurannya yang kecil, ditambah kompatibel dengan berbagai macam pemutar (media player), kita tak perlu sulit-sulit untuk mengonfigurasinya lagi. Di bawah ini akan saya tuturkan kelebihan aplikasi ini.
Saat kita memutar lagu, apalagi berniat untuk berkaraoke, tentunya kita ingin melihat liriknya tampil pada layar komputer kita. Saat kita membuka pemutar, secara otomatis MiniLyrics pun akan terbuka. Dengan catatan sebelumnya kita sudah memilih kalau MiniLyrics dihubungkan dengan pemutar tersebut. Kalau lirik lagu tadi ada dalam database komputer kita, maka lirik pun akan terbuka.
Bagaimana kalau lirik belum ada? Ada dua cara untuk mendapatkannya. Cara yang paling mudah adalah, pastikan kalau anda terhubung ke internet. Bersamaan dengan terputarnya lagu yang kita mainkan, otomatis MiniLyrics akan mengunduh lirik tersebut dan menyimpan ke database komputer kita. Cukup sekali unduh, lirik akan tersimpan. Walau saat pemutaran dilakukan ketika luar jaringan (luring/offline), lirik akan tetap tampil.
Lagu di komputer anda kebanyakan lagu Indonesia? Jangan cemas. Di database yang dimiliki oleh MiniLyrics terdiri dari segala bangsa. Bagaimana MiniLyrics bisa mendapatkan lirik-lirik tersebut, sedangkan setiap hari bermunculan lagu baru? Kita lihat cara yang kedua.
Cara berikutnya adalah, membuat berkas lirik sendiri. Apakah susah? Susahnya kalau kita harus mengetik kembali lirik tersebut dan kita masih kurang lancar dalam mengatur waktunya. Perlu diperhatikan, tidak semua lirik yang ada di database MiniLyrics. Dengan adanya fitur yang satu ini, maka sebab itu database mereka bisa berkembang.
Sebenarnya, membuat berkas ini memiliki kenikmatan tersendiri. Bagaimana tidak, kita memakai punya kita sendiri. Apalagi kalau kita bisa membagikan lirik tersebut pada orang lain dan banyak orang yang memakainya. Itulah kelebihan MiniLyrics. Kita bisa mengunggah lirik yang telah kita buat. Sebelumnya kita harus daftar dulu pastinya. Untuk mengunggah pun kita tak perlu membuka situsnya. Setelah terdaftar, kita bisa mengunggah langsung dari antarmuka MiniLyrics.
Masih adakah kelebihan lainnya? Tentu saja! Selain kita bisa membuka, membuat, mengunduh, serta mengunggah berkas lirik, kita juga bisa menutupnya. Ha ha ha. Menutupnya juga secara otomatis. Saat kita membuka pemutar, MiniLyrics pun akan terbuka. Begitu pula saat kita menutup pemutar, MiniLyrics juga ikut tertutup.
Lain-lainnya untuk MiniLyrics adalah kita bisa mengubah tampilan lirik sesuai keinginan. Baik itu dari segi warna atau pun jenis hurufnya. Kalau kita kurang berkenan dengan tampilan antarmukanya, kita pun bisa mengubahnya. Tapi saya sarankan untuk menggunakan antarmuka yang asli.
Mungkin masih ada yang penasaran dengan bagaimana bentuknya MiniLyrics itu. Berikut gambar-gambar yang saya sajikan sebagai penglihatan.

(Gambar 1. Antarmuka saat menampilkan lirik)

(Gambar 2. Saat membuat atau mengubah lirik)

(Gambar 3. Tampilan untuk masuk sebelum mengunggah)

Sedikit tambahan keterangan untuk gambar. Pada Gambar 1, latar belakang akan hilang saat kita membuka program lain, tapi lirik akan tetap tampil. Gambar 2 bisa diakses dengan menampilkan antarmukanya dulu, klik View --> Lyrics... Editor. Gambar 3 dibuka lewat Lyrics --> Upload Lyrics --> Upload Lyrics....
Ini sedikit tips dari saya agar menggunakan aplikasi ini lebih nyaman. Pengaturan awal aplikasi ini adalah, saat lirik tampil, dan kursor mouse bergerak ke sana, latar belakang lirik akan tampil. Sehingga menjengkelkan. Kadang kita tak menginginkannya. Untuk itu buka View, lalu hilangkan centang pada Display Background on Mouse Over. Aplikasi ini juga bisa ditukar bahasanya dengan bahasa Indonesia. Seperti gambar-gambar di atas.
Ada dua versi untuk aplikasi ini. Gratis dan berbayar. Saya tak terlalu tahu apa perbedaannya. Pada yang gratis, setelah selesai mengunduh lirik, akan terlihat iklan menjadi banner lirik. Mungkin pada versi berbayar tidak ada. Hanya itu yang saya tahu. Selebihnya mungkin sama. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada telepon genggam bersistem operasi Android.
Langsung saja bagi yang ingin mencoba klik di sini atau di sini. Nanti, jika ada yang kesulitan dalam memakai aplikasi ini, bisa langsung komentar di bawah. :)
Cukup sekian dulu tinjauan atau review aplikasi ini dari saya. Semoga memberikan banyak manfaat pada pembaca sekalian. Segala sumber yang dibutuhkan untuk penulisan tinjauan ini adalah tautan-tautan yang telah diberikan dan pengalaman saya dalam menggunakannya. Terima kasih. ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

RePLu On Facebook