Minggu, 05 Februari 2012

Fitur QR Code di Gmail untuk supaya password tidak diketahui orang lain


Kuatir buka email seperti Gmail di komputer umum (public computer) karena ada kemungkinan password anda terekam dan nantinya di salah gunakan oleh orang lain? Google sedang melakukan uji coba sistim keamanan baru dengan bantuan QR Code untuk membantu masalah diatas dimana anda tidak perlu lagi memasukkan username dan password ketika akan membuka Gmail di komputer bukan milik anda.

Sistimnya sederhana, ketika anda membuka Gmail di komputer umum maka akan ada pilihan untuk kondisi menggunakan komputer bukan milik anda dan kemudian akan ditampilkan sebuah QR Code. QR Code kemudian bisa dipindai di ponsel kemudian akan muncul sebuah URL Link yang meminta ijin untuk melakukan otorisasi dan membuka Gmail di sebuah dekstop PC.
Setelah memberikan ijin maka otomatis tampilan di PC akan masuk ke akun Gmail tanpa harus kita memasukkan password dan lainnya.
QR Code yang muncul di PC juga akan segera hilang dalam hitungan menit sehingga tidak disalah gunakan.
Fitur ini sendiri juga berguna kalau-kalau anda lupa password Gmail tapi di ponsel sudah tersimpan.
Sistim keamanan baru ini tentu saja sangat berguna apalagi kalau anda sering pinjam komputer orang tetapi sedikit masalah adalah ponsel anda harus selalu terhubung ke internet.
Sayangnya nih, sebelumnya Google membuka uji coba ini kepada pengguna melalui website accounts.google.com/sesame tetapi entah mengapa mendadak hilang.
Sumber berita
Google Debuts Secure Password-Free Login via QR Code (Updated)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RePLu On Facebook